Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Mengenal Santapan Khas Lebaran di Maroko

 Tagine, semur Maroko di Idul Fitri (Gambar: userpages.umbc.edu)

Tagine, semur Maroko di Idul Fitri (Gambar: userpages.umbc.edu)

Tak lengkap rasanya merayakan Idul Fitri tanpa menyantap makanan khas di hari besar umat Islam tersebut. Di Indonesia, kita mengenal ketupat lengkap dengan opor ayam atau sambal kentang. Begitu juga dengan Maroko yang mayoritas beragama Islam. Negara ini pun memiliki makanan spesial di saat lebaran. Beberapa makanan khas Maroko tersebut antara lain:
Meloui


Meloui adalah sebutan untuk pancake Maroko yang terbuat dari campuran terigu, gula, garam, dan ragi yang dipanggang. Meloui memilki bentuk bundar dan pipih. Rasanya mirip dengan roti canai khas Aceh. Jika roti canai dimakan dengan kari, Meloui dimakan dengan menggunakan campuran madu dan mentega.
Tagine
Makanan khas Maroko yang satu ini hampir serupa dengan semur di Indonesia. Bahan dasarnya adalah daging domba atau ayam yang diolah dengan rempah-rempat seperti lada, kayu manis, bawang merah, kunyit, dan jahe. Yang unik dari makanan ini adalah adanya campuran kurma di dalamnya.
Nasi dan Salad Tuna
Hidangan yang satu ini tak hanya disajikan saat lebaran saja, tapi juga di hari-hari besar lain. Nasi dan sayuran disajikan dicampur dengan ikan tuna yang sudah dihancurkan. Biasanya nasi dan salad tuna ini disajikan dengan pelengkap berupa tomat yang dihancurkan.
Bastilla Ayam
Bastilla ayam adalah sejenis kue berbahan dasar ayam. Adonan ayam dibumbui dengan kunyit, kayu manis, lada, dan jahe. Saat adonan matang, gula tepung  dan kayu manis ditaburkan ke adonan. Campuran bahan pembentuk kue ini menjadikannya unik dan berbeda dari penganan lainnya.
Kebab
Kebab yang berbahan dasar daging panggang yang disajikan dalam roti tipis ini sudah tidak asing lagi di telinga kita. Makanan khas Asia Selatan tersebut rupanya juga menjadi menu khusus lebaran di Maroko. [Rendy Adrikni Sadikin/Mizan.com, Diolah dari pelitaonline.com]
sumber;
 http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&ved=0CDMQFjAA&url=http%3A%2F%2Fmizan.com%2Fnews_det%2Fmengenal-santapan-khas-lebaran-di-maroko.html&ei=JiAXUdncBo7trQfx9YCQDw&usg=AFQjCNFDIsOJrGEPNlu9emhIGdyQVwvCXg&sig2=1xUKvYi7hH7B3NzJoTap5A&bvm=bv.42080656,d.bmk

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Free Burger Cursors at www.totallyfreecursors.com