Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Masakan Belanda

Masakan bagian timur dan utara

Sebuah Keju Edam kecil
Kue Zeeuwse bolus dengan mentega
Rebusan Waterzooi
Limburgish vlaai
Daerah-daerah di utara dan timur Belanda, seperti provinsi Groningen, Friesland, Drenthe, Overijssel dan Gerderland membuat masakan timur laut Belanda.
Daerah tersebut adalah wilayah yang paling rendah penduduknya di Belanda, bahkan dengan perkembangan terendah menurut sejarah. Akhir abad ke-18, pengenalan pertanian skala besar mengartikan bahwa masakan Belanda pada umumnya dikenal karena banyaknya jenis daging. Kurangnya pertanian memperbolehkan perburuan dan peternakan, meskipun hidangan di daerah dekat pesisir Friesland, Groningen dan bagian Overijssel yang berbatasan dengan IJsselmeer juga menyertakan banyak ikan.
Berbagai sosis kering masih satu jenis dengan sosis metworst Belanda, dapat ditemukan di seluruh wilayah dan sangat dihargai karena cita rasanya yang kuat. Kebanyakan kota dan desa memiliki berbagai sosis mereka sendiri. Daerah tersebut juga menghasilkan sosis asap tradisional, (Gelderse) rookworst (sosis asap Belanda) adalah yang paling terkenal. Sosis tradisional ini telah diasapi diatas serpihan kayu dan disajikan setelah direbus dalam air. Sosis ini mengandung banyak lemak dan sangat berair. Sosis yang lebih besar sering dimakan bersama stamppot, hutspot atau zuurkool; sedangkan yang lebih kecil sering dimakan sebagai jajanan.
Beberapa provinsi juga merupakan tuan rumah bagi berbagai jenis kue dan pastri. Berbeda dengan masakan Belanda selatan yang cenderung lembut dan lembap, kue-kue di bagian timur laut umumnya memiliki tekstur keras dan dibumbui dengan banyak jahe atau berisi potongan kecil daging. Berbagai macam Kruidkoek (seperti Groninger koek), Fryske dúmkes dan panekuk kecil yang lezat (termasuk spekdikken') dianggap khas.
Dalam hal minuman beralkohol, wilayah ini terkenal karena banyaknya bir pahit (seperti Beerenburg).

Masakan bagian barat

Provinsi Holland Utara, Holland Selatan, Zeeland, Utrecht dan wilayah Gelderlandic di Betuwe adalah daerah dimana masakan barat Belanda ditemukan. Daerah ini dikenal dengan banyaknya produk susu, yang mencakup keju terkemuka seperti Keju Gouda, Keju Leiden (keju yang dibumbui dengan jintan), Keju Edam (berbentuk bola kecil) serta Leerdammer dan Beemster, sementara Zaanstreek di dekat Belanda Utara terkenal karena mayones dan mustarnya.
Zeeland dan Holland Selatan menghasilkan banyak mentega yang mengandung lemak susu berlebih dibandingkan beragam mentega Eropa lainnya. Produk dari proses pembuatan mentega, yaitu buttermilk (susu mentega) juga dianggap khas dari daerah ini.
Makanan laut seperti ikan haring (dimakan mentah), kerang hijau, belut, tiram dan udang tersedia secara luas dan khas di daerah ini. Kibbeling, dulu merupakan makanan lezat setempat yang terdiri dari potongan kecil ikan putih, telah menjadi makanan cepat saji negara ini.
Kue-kue di daerah ini cenderung sangat pucat dan sering mengandung banyak gula, baik karamel, bubuk atau butir. Misalnya oliebol (dalam bentuk modern) dan Zeeuwse bolus. Kue juga diproduksi dalam jumlah banyak dan cenderung mengandung banyak mentega serta diisi dari beberapa jenis, sebagian besar almond.
Minuman beralkohol tradisional daerah ini adalah bir dan Jenever. Alkohol tradisional Belanda, Advocaat, sebuah minuman yang kaya dan lembut terbuat dari telur, gula dan brendi, juga asli wilayah ini.

Masakan bagian selatan

Masakan selatan Belanda merupakan masakan dari provinsi Brabant Utara, Limburg dan daerah Flemish di Belgia. Daerah ini terkenal karena banyaknya pastri, sup, rebusan dan masakan sayuran yang sering disebut Burgundi yang merupakan ungkapan Belanda menggunakan hak pengadilan Burgundi kaya yang memerintah di Low Countries pada Abad Pertengahan yang terkenal karena kemegahan dan pesta besar.
Wilayah tersebut merupakan wilayah kuliner di Belanda yang mengembangkan masakan Haute dan merupakan dasar restoran Belanda yang paling tradisional, mencakup menu utama khas seperti Biefstuk, Varkenshaas, Ossenhaas, semuanya adalah potongan daging terbaik, umumnya daging babi atau sapi, disertai dengan berbagai macam saus dan kentang yang telah digoreng dua kali dalam cara tradisional Belanda (atau Belgia).
Rebusan seperti Waterzooi atau Hachee, rebusan dari bawang bombay, daging sapi dan kuah daging yang kental, mengandung banyak rasa dan membutuhkan beberapa jam untuk disajikan. Sup sayuran dibuat dari kaldu kaya rasa dan biasanya berisi bakso kecil mendampingi berbagai macam sayuran yang berbeda. Asparagus dan witlo(o)f sangat berharga dan secara tradisional dimakan dengan keju dan/atau ham.
Kue kering sangat berlimpah, sering diisi dengan krim yang kaya rasa, puding atau buah-buahan. Kue seperti Vlaai dari Limburg, Moorkop dan Bossche Bol dari Brabant, merupakan kue-kue yang khas. Kue pilihan juga tersedia, dengan worstenbroodje (gulungan dari sosis sapi) menjadi yang paling populer.
Minuman beralkohol tradisional daerah ini adalah bir. Ada banyak merek lokal, mulai dari Bir Trappist sampai Bir Kriek. Bir sama halnya seperti anggur dalam masakan Perancis, juga digunakan dalam memasak seringkali untuk rebusan.

Makanan

Pertanian Belanda kurang lebih terdiri dari lima sektor: pengolahan tanah, rumah kaca, pertanian buah, peternakan dan perikanan.
  • Orang Belanda memelihara sapi baik untuk susu maupun daging mereka, ayam untuk telur dan daging, babi untuk daging, dan domba untuk wol dan daging. Kambing semakin banyak dipelihara untuk produksi keju. Dulu daging kuda merupakan hidangan yang umum (steak dan sosis), tetapi kurang populer saat ini.

Susunan makanan

Sarapan dan makan siang

Proses pematangan keju
Uitsmijter spek en kaas: beberapa telur goreng dengan daging asap dan keju
Dalam masakan Belanda, sarapan dan makan siang sedikit berbeda dan keduanya terdiri dari berbagai macam potongan daging, keju dan taburan manis; seperti hagelslag, vlokken dan muisjes. Selai cokelat, treacle (sirup kental dari gula coklat yang disebut stroop), selai kacang (gurih dan tidak manis) dan buah kalengan juga populer.
Belanda terkenal dengan produk susu mereka, terutama keju. Sebagian besar keju Belanda adalah keju yang agak keras atau keras. Keju Belanda yang terkenal termasuk Keju Gouda, Keju Edam dan Keju Leiden. Biasanya orang Belanda membuat keju yang dibaur dengan bumbu atau rempah-rempah selama tahap pertama proses produksi. Salah satu contoh terkenal adalah keju dengan cengkih (biasanya nagelkaas Frisia), jintan (yang paling terkenal keju Leiden), atau jelatang.
Roti Belanda cenderung berangin, karena dibuat dari adonan ragi. Dari tahun 1970 Belanda mayoritas didominasi roti gandum, dengan biji tambahan seperti bunga matahari atau biji labu sering dicampur secukupnya dalam adonan. Roti gandum hitam adalah salah satu dari beberapa roti padat Belanda. Roti putih] digunakan sebagai roti mewah, sering dibuat dengan susu serta air. Sebuah versi mewah roti putih Frisia yaitu sugarbread, roti putih dengan gumpalan besar gula dicampur dengan adonan.[5] Kerststol adalah roti Natal tradisional Belanda yang dibuat dari adonan roti dengan gula, buah-buahan kering, kismis, kulit lemon dan jeruk, dimakan dengan cara diiris, lalu diolesi dengan mentega.
Mereka yang tidak ingin sarapan tapi perlu sesuatu di perut mereka di pagi hari sering memakan ontbijtkoek yang terkenal di Belanda. Biasanya disajikan dalam potongan kecil, boleh dengan mentega Belanda yang kaya akan kelezatan.

Waktu minum teh

Koffie verkeerd, versi Belanda dari "café au lait"
Orang Belanda mengundang teman-temannya untuk koffietijd (waktu minum kopi), yang terdiri dari kopi dengan kue/biskuit, disajikan antara pukul 10 dan 11 a.m. (sebelum makan siang) dan/atau antara 7 dan 8 p.m. (setelah makan malam). Orang Belanda minum kopi dan teh sepanjang hari, sering disajikan dengan satu biskuit. Penghematan orang Belanda membuat aturan standar yang terkenal bahwa hanya satu kue untuk setiap cangkir kopi. Alasan ini dapat ditemukan dalam cara berpikir Protestan yang dibesarkan di Belanda utara. Katolik Roma selatan lama tidak berbagi tradisi ini (di Limburg sebuah vlaai (kue manis atau kue isi), dipotong menjadi delapan potong dan disajikan ketika pengunjung mau).
Sebuah cerita populer Belanda (tidak pernah dikonfirmasi) mengatakan bahwa di akhir 1940-an istri Perdana menteri, Willem Drees, menyajikan kopi dan satu biskuit untuk setiap diplomat Amerika yang datang mengunjungi, mereka kemudian menjadi yakin bahwa uang dari Rencana Marshall (Program Pemulihan Eropa, rencana utama Amerika Serikat untuk membangun kembali dan menciptakan fondasi kuat bagi negara-negara Eropa Barat, setelah Perang Dunia II) dihabiskan secara baik.
Café au lait juga sangat umum. Biasa disebut koffie verkeerd dan terdiri dari kopi hitam dan susu panas. Orang Belanda minum teh tanpa susu dan tehnya lebih encer daripada jenis teh khas Inggris yang dipadukan dengan susu. Minuman panas lain biasanya menyertakan limun hangat, disebut kwast (air panas dengan jus lemon), dan anijsmelk (susu panas dengan adas manis). Pada musim gugur dan musim dingin, cokelat panas atau susu cokelat sangat populer dan digemari. Baik anijsmelk maupun kwast kurang digemari lagi dan telah kehilangan popularitasnya.

Makan malam

Boerenkoolstamppot, dengan rookworst
Sup ercis Belanda, disebut juga Snert
Makan malam dahulu disajikan lebih awal menurut standar internasional, dimulai sekitar pukul 6 malam. Makan malam kuno Belanda terdiri dari satu hidangan sederhana: kacang/kentang, daging dan sayuran. Dulu kentang disajikan dengan sayuran porsi besar, porsi kecil daging dengan kuah, atau kentang dengan sayuran rebus. Makan malam khas tradisional Belanda mencakup stamppot (kentang lumat Belanda dicampur dengan sayuran lumat lainnya) dan sup ercis. Sayuran rebus disajikan sebagai lauk pauk misalnya rodekool met appeltjes (kubis merah dengan apel), atau rode bieten (bit merah). Rempah-rempah yang digunakan misalnya daun bay leaf, beri Juniper, cengkih, dan cuka. Rebusan sering disajikan dengan campuran acar, termasuk zure zult atau rebusan pir (stoofperen). Karena masuknya makanan negara-negara lain, hidangan tradisional telah kehilangan popularitasnya. Stamppot secara tradisional dimakan di musim dingin.
Jika ada makanan pembuka, biasanya sup. Hidangan penutup adalah dessert manis, yoghurt tradisional dengan gula atau vla, (susu yang dimasak dengan puding).
Makanan yang terdaftar di bawah ini memiliki asal-usul sejarah sebagai makanan untuk para buruh biasa. Pada abad ke-17 sampai abad ke-19 buruh bekerja 10-16 jam di tanah pertanian atau di pabrik-pabrik dalam ruangan tanpa pemanas, maka makanan tersebut memiliki kalori berat dan lemak yang dimaksudkan untuk mengisi energi para buruh.
Hidangan terkenal Belanda diantaranya:

sumber; http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&ved=0CDYQFjAA&url=http%3A%2F%2Fid.wikipedia.org%2Fwiki%2FMasakan_Belanda&ei=zhgXUeugIsW4rAfD64C4BA&usg=AFQjCNF9o9hJ8aS845nK-xAjs9LpDf152g&sig2=8XTFX-BYXrmMUWHDnTY1kg&bvm=bv.42080656,d.bmk

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Free Burger Cursors at www.totallyfreecursors.com