Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Makanan di Laos: dari masakan Asia sampai masakan Barat

 

Bingung mau makan apa di Laos? Jangan khawatir tidak ada makanan yang cocok disana. Berbagai jenis makanan dari makanan Asia sampai makanan Barat bisa jadi pilihan. Untuk yang vegetarian maupun yang hanya makan makanan halal, mudah sekali mendapatkan makanan vegetarian dan halal. Berikut ini kami bagikan info mengenai beberapa jenis makanan di Laos yang kami ditemui.
Makanan di Laos - Pork and Vegetables in coconut milk
Makanan di Laos – Pork and Vegetables in coconut milk

Makanan di Laos: Larb

Makanan di Laos yang sangat khas ini memiliki banyak ejaan lain, seperti: laap, larp, laab, lahb. Bahan utama dari makanan ini adalah daging cincang yang dicampur dengan kecap ikan, sari jeruk nipis dan daun-daunan segar seperti daun mint. Dagingnya bisa pilih: ayam, babi, sapi, bebek, kalkun atau ikan. Kebanyakan rasanya pedas karena dicampur cabai rawit, tapi jika tidak suka pedas bisa minta dibuat yang tidak (terlalu) pedas. Rasanya asam asam pedas segar gitu deh. Harganya biasanya mahal karena mengandung banyak daging, sekitar 30000-40000 kip.
Larb di Laos
Larb di Laos

Banana Pancake

Hampir sama dengan di Bali, di Laos juga banyak cafe atau warung-warung yang menyajikan fruit pancake, cocok untuk disantap saat sarapan pagi. Karena pisang sangat mudah didapat, maka kebanyakan menyajikan Banana Pancake. Namun kami juga pernah mencoba Mango Pancake.
Makanan di Laos - Banana Pancake
Makanan di Laos – Banana Pancake
Setelah mencoba Banana Pancake di berbagai tempat di Laos, kami menemukan ada 2 jenis Banana Pancake. Jenis pertama adalah potongan pisang dicampur di adonan, sedangkan jenis kedua adalah potongan pisang diletakkan di atas pancake polos. Itu bukan pilihan, namun tergantung kebiasaan di tempat itu saja.
Makanan di Laos - Banana Pancake with Honey
Makanan di Laos – Banana Pancake with Honey
Pancake biasanya disajikan dengan madu yang ditempatkan terpisah. Atau variasi Banana Pancake adalah banana choco pancake yang ditambah saus coklat di atasnya. Harga berkisar antara 10000-20000 kip.
Banana Choco Pancake
Banana Choco Pancake
Mango Pancake
Mango Pancake
Selain fruit Pancake, Laos juga punya yang namanya Laos Pancake. Ini belum tentu bisa didapat dimana-mana. Kebetulan yang punya cafe kreatif bikin pancake ala Laos. Bahannya dari ketan yang dibentuk bulat pipih kemudian dibalur telur sebelum digoreng. Disantap dengan sambal khas Laos, asam-manis-pedas.
Laos Pancake
Laos Pancake

Baguette

Sempat berada di bawah kekuasaan Perancis saat dimasukkan ke dalam kelompok French Indochina di akhir abad 19 sampai dengan awal abad 20, pengaruh Perancis masih terlihat dari papan-papan keterangan bangunan yang mencantumkan bahasa Perancis selain bahasa Laos sendiri tentunya.
Omelette Baguette
Omelette Baguette
Pengaruh Perancis di dunia kuliner Laos adalah baguette, yang biasa juga dikenal sebagai Roti Perancis. Roti panjang dengan kulit yang garing ini mudah didapatkan di berbagai tempat di Laos. Variasinya yang beragam membuat Baguette ini menjadi pilihan yang sah-sah saja untuk sarapan, makan siang maupun makan malam.
Baguette with Omelette
Baguette with Omelette
Dari yang manis-manis seperti nutella, selai kacang, selai buah, pisang sampai yang gurih seperti telur, daging asap, tuna, daging ayam bisa dipadu padankan dengan Baguette ini. Tergantung isiannya, baguette bisa dimakan terpisah atau bisa juga isiannya diselipkan ke tengah-tengah baguette yang telah dibelah dua. Harga berkisar antara 10000-15000 kip.
Baguette with bacon & egg
Baguette with bacon & egg

Stir-fried Vegetables

Makanan jenis ini sangat mudah didapatkan di segala penjuru Laos. Intinya, tumis sayuran. Bisa juga dicampur dengan pilihan daging standar seperti ayam, sapi atau babi. Jenis sayurannya tidak bisa ditebak, biasanya tergantung stok yang ada di dapur masing-masing. Hehehehe…. Harga berkisar 15000-25000
Masakan Laos - Stir-fried Vegetables
Masakan Laos – Stir-fried Vegetables

Pho

Ya, makanan ini memang mirip (atau memang sama) dengan ‘pho’ yang terkenal di Vietnam. Intinya itu semangkuk mie dengan kuah bening dengan irisan daging di atasnya. Yang khas dari pho ini adalah mie yang digunakan bukan mie kuning yang mengandung telur, tapi mie dari bahan (tepung) beras. Banyak sekali warung-warung kecil yang menyediakan pho di Laos. Harga semangkuk pho rata-rata 10000 kip.
Masakan Laos - Pho
Masakan Laos – Pho

Yang ala Barat

Bagi yang bosan dengan makanan Asia, orang Laos cukup kreatif koq mengkombinasikan menu Barat dengan menu Asia. Ada Pizza Baguette yang idenya membuat pizza dengan base yang digunakan adalah baguette. Di suatu cafe bernuansa Barat, kami menemukan Crispy Coated Chicken yang mirip dengan Chicken Cordon Bleu, namun isinya bukan ham dan keju, melainkan irisan tomat dan keju.
Pizza Baguette
Pizza Baguette
Crispy Coated Chicken
Crispy Coated Chicken
Risotto di Luang Nam Tha
Risotto di Luang Nam Tha
Spaghetti Bolognaise ala Laos
Spaghetti Bolognaise ala Laos
Last but not least, selalu ada nasi goreng atau mie goreng, makanan paling simple namun cukup memuaskan kebutuhan perut orang Indonesia.
Lao Fried Rice
Lao Fried Rice
















Fried Noodle wrapped in eggsumber;http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&ved=0CDMQFjAA&url=http%3A%2F%2Fwww.pergidulu.com%2Fblog%2Fmakanan-di-laos%2F&ei=0y4XUb7JBMusrAeopYDICA&usg=AFQjCNFtOuyzuM37cFbxOIlFw6G2NVC6pw&sig2=fFgDCMlPf8tkuu8SWqYnTw&bvm=bv.42080656,d.bmk

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Free Burger Cursors at www.totallyfreecursors.com